Kepuasan Mahasiswa

Tingkat kepuasan mahasiswa DKV terhadap berbagai fasilitas dan layanan pendidikan di ITERA diukur menggunakan kuesioner online melalui siakad.itera.ac.id yang dapat diakses oleh mahasiswa melalui akun pocket masing-masing.

Analisis data menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) berdasarkan Kepmenpan Nomor Kep/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.

Skala pengukuran yang digunakan dalam bentuk rentang skor antara 1 sampai dengan 4 dengan pernyatan STS= Sangat Tidak Setuju, S= Setuju, TS= Tidak Setuju, SS= Sangat Setuju. Kepuasan dihitung dengan nilai rata-rata tertimbang pada masing-masing unsur pelayanan.

Instrumen kuesioner berisi 55 pertanyaan yang mewakili 5 aspek kepuasan yaitu sarana dan prasarana, kehandalan dosen, layanan administrasi akademik, layanan konseling, dan layanan beasiswa. Semua instrumen yang digunakan sudah divalidasi tingkat reliabilitas dan validitasnya. Kuesioner kepuasan diisi oleh 69 responden dari 75 mahasiswa DKV angkatan 2019.