Diskusi Sore “Refresh Exhibition”

Diskusi Sore “Refresh Exhibition”
11/09/2019 No Comments Berita, Diskusi, Kopi Sore, Tak Berkategori dkviteraa

Pameran seni rupa “Refresh Exhibition” diselenggarakan 28 Agustus-2 September 2019 di Gedung Nuwo Budayo Metro. Sebagai bagian dari rangkaian pameran ini, diselenggarakan diskusi sore pada hari Minggu, 1 September 2019. Di dalam diskusi ini, dua dosen DKV Itera didaulat sebagai pembicara utama, yaitu Jejen Jaelani (@jejenjaelani8) dan Arif Budiman (@arifbudiman_151). Diskusi ini mengulas tuntas tentang medan kesenirupaan dunia, klasifikasi perupa, serta peran seni dalam merebut ruang publik, khususnya seni yang sedang bergeliat di Metro. Diskusi ini dihadiri oleh beberapa seniman, komunitas seni, mahasiswa, dan penikmat seni.

Arif Budiman mengatakan bahwa seni rupa tidaklah hidup di dalam ruang hampa. Peran seniman, di dalam banyak hal, terkait dengan para aktor-aktor penyangga (kurator, kolektor, galeri, museum, penikmat seni, media, dan sebagainya. Oleh sebab itu, seniman menjadi sebuah profesi yang melibatkan banyak pihak di dalamnya. Seorang seniman harus dapat mengelola modal sosial dan kulturalnya.

Di sisi lain Jejen Jaelani berbicara tentang posisi dan dinamika seni di ruang publik. Ruang publik merupakan sebuah ruang yang di dalamnya berbagai kekuatan saling berebut posisi. Seni publik memiliki peran yang cukup signifikan di dalam membangun kuasa simbolis di ruang publik. Semakin seni publik dapat tampil di dalam ruang publik, semakin menunjukkan tingkat demokratis dan sehatnya sebuah kota.

Tags

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Desain Komunikasi Visual