Membangun Semangat Kreativitas

Membangun Semangat Kreativitas
18/09/2019 No Comments Berita, Diskusi dkviteraa

Diskusi Akademis Corak DKV ITERA #2:

Sejak berdiri pada 2019, DKV ITERA memiliki kekhususan pada keseriusannya mengembangkan potensi alam — seni budaya lokal dan manusia — insan kreatif di Sumatera.

Artinya proyek-proyek yang memungkinkan tumbuhnya ekonomi kreatif (pendapatan negara nonsumber daya alam) menjadi bagian inheren tugas lembaga pendidikan tinggi DKV ITERA, terutama untuk pengembangannya. Artinya, segala persoalan apa pun yang ada di Sumatera harus dikembangkan, terutama menyangkut persoalan komunikasi visual. DKV ITERA harus ikut andil menyelesaikan persoalan-persoalan terkait komunikasi visual, mulai dari persoalan citra sebuah produk hingga kota, soal gaya (style) desain grafis yang cenderung riuh dengan warna dan tipografi menuju arah modern yang cenderung minimalis – kontemporer, sampai persoalan gambar bergerak atau audio visual sebuah proyek kepariwisataan dan banyak hal lainnya.

Untuk mempertajam analisis dan pemahaman terhadap dinamika Sumatera, serangkaian mata kuliah dipersiapkan Prodi DKV di antaranya mata kuliah pengenalan potensi sumatera, seni dan lingkungan sumatera, sosioantropologi seni.

Ke depannya DKV ITERA juga mengklasifikasikan peminatan mata kuliah berdasarkan 3 pendekatan yakni (1) Desain Grafis, (2) Branding dan (3) Videografi. Tiga peminatan ini dibentuk berdasarkan analisis awal terhadap kebutuhan Sumatera.

Strategi-strategi akademis tersebut ditempuh untuk menumbuhkembangkan segala potensi yang ada di Sumatera. Namun, semua tentu tak akan berjejak jika tidak diawali dengan hidupnya semangat kreativitas dalam sanubari mahasiswa.

Kreativitas yang menyala untuk berkarya seni, berpikir dan bersikap seni, sampai pola-pola yang membentuk kreativitas menjadi sebuah atmosfer yang harus dibentuk dan menjadi bagian dalam dinamika proses kreatif mahasiswa DKV ITERA.

Diskusi akademis ini akan memotivasi mahasiswa untuk berpikir kreatif dalam mengatasi persoalan komunikasi visual.

Tags

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *