Desain Komunikasi Visual
  • Tentang
    • Profil
    • Visi, Misi & Tujuan
    • Arah Kurikulum
    • Kurikulum Merdeka
    • Proyeksi Bidang Kerja
  • Profil Dosen
    • Iman Sudjudi
    • PG Wisnu WIjaya
    • Arif Budiman
    • Namuri Migotuwio
    • Refita Ika Indrayati
    • Susi Susyanti
    • Muhammad Hajid An Nur
    • Jejen Jaelani
    • Maria Veronika Halawa
    • Sunarsih
    • Harits Setiawan
    • Putri Kholida
    • Candra Prayogi
  • Kemahasiswaan
    • Kalender Akademik
    • RAK
    • Pameran
    • Tugas Akhir
  • Blog
    • Artikel
    • Aktivitas Mahasiswa
    • Kopi Sore
  • Kontak
11/09/2019 by dkviteraa

Membawa Permainan Tradisi Ke Dalam Pertemuan Internasional

Membawa Permainan Tradisi Ke Dalam Pertemuan Internasional
11/09/2019 by dkviteraa

Pada tanggal 2 s.d. 6 September 2019, selama hampir satu pekan saya berkesempatan merasakan atmosfer internasional dan notabene asing dari sudut pandang desainer dalam Simposium APGN (Asia Pacific Geopark Network) 2019, di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pertemuan ini merupakan simposium internasional dwitahunan dari UNESCO Global Geopark Network (UGGN) lingkup Asia Pasifik. Dikelilingi para ahli geologi dan pengembang geopark dari puluhan Negara termasuk Cina, Vietnam, Thailand, Rusia, Korea, dan Jepang; saya menjadi bagian dari segelintir presenter dengan latar belakang desain.


Presentasi dalam salah stau sesi paralel di APGN 2019

Di sana saya membawa dan mempresentasikan mengenai bagaimana permainan tradisional dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar geologi, khususnya mengenai Gunung Tambora. Presentasi dengan judul “Learning Geological Phenomenon through Traditional Games; Study Case: Tambora’s 1815 Eruption” yang dikembangkan bersama salah satu penggerak Geopark Tambora, Amanda Fauziah.



Desain ini dikembangkan dari permainan tradisional congklak (dakon / south Asian mancala). Dengan menggunakan metode revitalisasi tradisi (yang dikembangkan oleh Adhi Nugraha, 2012), permainan congklak ini diadaptasi dan didesain ulang untuk menyampaikan mengenai berbagai jenis material yang terlontar dari ledakan Tambora di tahun 1815 silam.

Salah seorang peserta berkomentar dan mengapresiasi usaha ini sekaligus menekankan bahwa nilai-nilai dan kearifan lokal perlu diangkat dalam pengembangan Geopark. Beberapa peserta asing juga tertarik dan mencoba memainkan permainan ini. Salah satunya adalah peserta intern dari Northeastern University, Boston, yang akrab dipanggil Zach, berulang kali memainkan permainan ini.

Pengalaman ini bisa menjadi langkah awal bagi para desainer grafis ataupun produk, terlebih khusus para akademisi desain, untuk melangkah melintasi genre atau kelompok keilmuan. Berbincang dan berinteraksi dengan ilmu geologi, biologi, dan bidang-bidang lain dalam ranah sains dan engineering, hingga menemukan “serendipity” dalam pertemuan dan perlintasan. Karena saya kira ide dan inovasi akan lebih mudah timbul dari pertemuan dan perlintasan keilmuan. 

(Hajid, 2019)

Previous articleDiskusi Sore "Refresh Exhibition"Next article Pedekave dengan Lingkungan Sekitar ITERA

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About The Blog

Nulla laoreet vestibulum turpis non finibus. Proin interdum a tortor sit amet mollis. Maecenas sollicitudin accumsan enim, ut aliquet risus.

Recent Posts

Workshop Membedah Kontras Kurikulum DKV Kampus Merdeka16/04/2021
SEMANGART PESERTA DARING BIMBEL PORTOFOLIO GAMBART MASUK DKV ITERA14/04/2021
Peringati Hari Film Nasional Komunitas Dekavilm ITERA dan ADN Lampung Gelar Dekavilm Exhibition05/04/2021

Kategori

  • Artikel
  • Blog
  • Center for Sumatra Visual Culture Studies
  • Exhibition
  • Kemahasiswaan
  • Kopi Sore
  • Student Activities
  • Tak Berkategori

Meta

  • Masuk
  • Feed entri
  • Feed komentar
  • WordPress.org

Tag

APGN buku anak desain komunikasi visual Desain Komunikasi Visual ITERA Diskusi dkv itera Info jejen jaelani Kegiatan Mahasiswa KMDGI krativitas Lili dan Kolam Misteri mahasiswa Muhammad Haji An Nur Oeang Repoeblik Indonesia pedekave permainan tradisional Popular Refita Ika Indrayati semiotika kota seni seni rupa tambora WordPress

Desain komunikasi visual – ITERA

DKV ITERA ialah akan memfokuskan kajian dan perancangan komunikasi visual untuk mengeksplorasi kekayaan keberagam pulau sumatera dari segala aspek seperti seni, budaya, pariwisata, ekonomi, politik dan lainnya. Reach Your Future!

Contact

Jl. Terusan Ryacudu, Way Huwi, Kec. Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35365

E-mail: dkv@itera.ac.id
(0721) 8030188
Mon. - Fri. 7AM - 5PM

Recent Posts

Workshop Membedah Kontras Kurikulum DKV Kampus Merdeka16/04/2021
SEMANGART PESERTA DARING BIMBEL PORTOFOLIO GAMBART MASUK DKV ITERA14/04/2021
Peringati Hari Film Nasional Komunitas Dekavilm ITERA dan ADN Lampung Gelar Dekavilm Exhibition05/04/2021

Member of Asosisasi Desain Grafis Indonesia

Member of Asosiasi Program Studi DKV Indonesia

Rife Wordpress Theme. Proudly Built By Apollo13

About This Sidebar

You can quickly hide this sidebar by removing widgets from the Hidden Sidebar Settings.

Recent Posts

Workshop Membedah Kontras Kurikulum DKV Kampus Merdeka16/04/2021
SEMANGART PESERTA DARING BIMBEL PORTOFOLIO GAMBART MASUK DKV ITERA14/04/2021
Peringati Hari Film Nasional Komunitas Dekavilm ITERA dan ADN Lampung Gelar Dekavilm Exhibition05/04/2021
Panduan RAK23/03/2021
Muwaghei sebagai Wadah bagi Mahasiswa DKV ITERA26/01/2021
Karya Mahasiswa DKV ITERA dalam Pameran Ruang Terang26/01/2021

Kategori

  • Artikel
  • Blog
  • Center for Sumatra Visual Culture Studies
  • Exhibition
  • Kemahasiswaan
  • Kopi Sore
  • Student Activities
  • Tak Berkategori

Meta

  • Masuk
  • Feed entri
  • Feed komentar
  • WordPress.org