Profil

Profil

DKV ITERA UNTUK SUMATERA
Harapan Baru Pendidikan Tinggi S-1 DKV Di Sumatera (Bagian Selatan)

Program Studi Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Sumatera (DKV ITERA) dibangun oleh kerangka keilmuan multi-disiplin yang berakar dari ranah seni rupa dan desain. Dalam perkembangan keilmuannya, desain komunikasi visual tidak saja berfokus pada keilmuan seni rupa dan desain namun telah membentuk dirinya sendiri dengan beririsan dengan disiplin keilmuan komunikasi, psikologi, antropologi, sosiologi, kebudayaan, dan perkembangan teknologi mutakhir.

Irisan antara disiplin keilmuan desain komunikasi visual dengan berbagai keilmuan di wilayah budaya memunculkan kajian-kajian ilmiah yang bersifat wacana di antaranya narasi visual, antropologi visual, budaya visual, sosiologi desain, dan semiotika visual. Irisan desain komunikasi visual dengan keilmuan ekonomi memunculkan branding, e-commerce, dan sebagainya. Irisan desain komunikasi visual dengan teknologi memunculkan digital storytelling, ilustrasi digital , animasi digital, desain web, motion graphic, videografi, fotografi desain, desain game, hingga virtual reality dan argumented reality

DKV ITERA akan memfokuskan kajian dan perancangan komunikasi visual untuk mengeksplorasi kekayaan keberagaman Sumatera dari segala aspek seperti seni, budaya, pariwisata, ekonomi, politik dan lainnya.