Digital Illustration

Ilustrasi Wajah Tarian Lampung

Nama           : Rikhwan Fatih Fiardhi Nim     119380014

Instagram    : rikhwanfatih

Judul karya : Ilustrasi Wajah Tarian Lampung

Deskripsi

Ilustrasi Wajah Tarian Lampung merepresentasikan Tarian tarian yang ada di Lampung dan diwakilkan oleh Tari Sembah Sigeh Pengunten, yaitu tari tradisional dari Provinsi Lampung. Tarian ini berasal dari Suku Pepadun, Tari ini biasanya ditampilkan saat menyambut kedatangan tamu istimewa pada acara adat atau pun acara lainnya. Tujuannya adalah memberi penghormatan kepada tamu tersebut. Selain sebagai ritual penyambutan, tari sembah pun kerap dipertunjukkan dalam upacara adat pernikahan masyarakat Lampung. Fungsinya selain untuk hiburan juga bentuk penyambutan bagi tetamu yang hadir di acara tersebut. Dan ilustrasi ini menyisipkan aksara Lampung yang menjadi jelas membawakan arti sejarah yang sampai kini masih berdiri adanya di Lampung.

Atribut penari :

Mahkota Siger Pending yang berupa ikat pinggang terbuat dari uang ringgir Belanda bergambar ratu Wihelmina di bagian atas.

Bulu Serti berupa ikat pinggang terbuat dari kain beludru berlapis kain merah. Pada bagian atas ikat pinggang kuningan berbentuk bulat dengan bertahtakan hiasan atau bulatan kecil. Ikat pinggang dikenakan diatas pending.

Mulan Temanggal berupa hiasan kuningan seperti tanduk tanpa motif yang digantungkan dileher sebatas dada.

Dinar adalah mata uang Arab terbuat dari emas yang digantung pada sesapur atau baju kurung tepat diatas bagian perut.

Buah Jukum, Sebuah hiasan berbentuk buah- buahan kecil yang diuntai menjadi bentuk bunga serta benang memanjang dan dipakai melingkar dari bahu ke perut hingga belakang.

Gelang Burung Hiasan Berbentuk sayap terbuat dari kuningan pada bagian atas direkatkan bebe berupa kain halus berlubang. Dan tepat pada bahu gelang burung diikatkan pada lengan kiri dan kanan.

Gelang Kana yang terbuat dari bahan kuningan berukir serta gelang Arab yang dipakai dilengan atas dan bawah.

Tanggai berupa hiasan berbentuk kuku berwarna keemasan terbuat dari kuningan dan dipakai pada jari penari.

Mahkota Siger yang terbuat dari kuningan yang berbentuk seperti tanduk dan ditatah hias dengan titik- titik rangkaian bunga dan terdapat lekuk ruji sejumlah sembilan buah serta terdapat hiasan yang terbuat dari kuningan bunga cemara.